Pemenang Lomba Cipta Karya Rumah Gender telah Diumumkan

Rumah Gender FUPI—Rumah Gender Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah mengadakan pengumuman pemenang untuk Lomba Cipta Karya Video dan Poster Tingkat Nasional dengan tema “Anti Kekerasan Seksual” pada Senin, 24 Mei 2021 jam 15.00 – 16.00 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk mengkampanyekan anti kekerasan seksual, baik itu kekerasan seksual di dalam keluarga, kekerasan seksual di ruang publik, kekerasan seksual berbasis online, dan kekerasan seksual di ranah pendidikan.

Perlombaan yang digelar sejak pertengahan bulan April 2021 ini ditujukan untuk menarik minat para calon peserta dalam keikutsertaan mengedukasi dan mengkapanyekan anti kekerasan seksual. Mengingat kasus kekerasan seksual masih terus terjadi di masyarakat. Terbukti pada data terbaru tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia (PPPA) yang mencatat ada sebanyak 426 kasus kekerasan seksual dari 1.008 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (https://www.kemenpppa.go.id/). Kemudian dari data Komnas perempuan ada sekitar 1983 kasus kekerasan seksual (https://komnasperempuan.go.id/). Hal ini membuktikan bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat kita akan pentingnya mencegah perilaku kekerasan seksual di dalam masyarakat. Karena kekerasan seksual akan berdampak negatif terhadap korbannya, mulai dari masalah psikologis, fisik, dan masalah sosial.

Antusiasme peserta dalam mengikuti lomba Cipta Karya Video dan Poster, dengan Tema “Anti Kekerasan” tingkat Nasional cukup banyak, terbukti dari asal peserta mulai dari UIN Sunan Kalijaga, UIN Raden Fatah, UIN Walisongo, IAIN Tribakti Kediri, Universitas Aisyiyah, Universitas Sains Al-Qur’an, Politeknik Malang, Institut Pertanian Bogor, Pesantren Sains Muhammadiyah Sragen, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Diponegoro, Universitas Briwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, SMKP 5 Penabur Jakarta, MAN I JAI, SMA 12 Semarang, SMA Katolik Santa Agnes, SMK Sejahtera, dan Cherbon Feminis.

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Inayah Rohmaniyyah S.Ag, M.Hum, M.A menyampaikan dalam sambutannya, “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk berjuang dalam melawan segala bentuk kekerasan seksual dalam bentuk apapun, khususnya di kalangan para perempuan, baik itu teman-teman mahasiswa, dosen, dan masyarakat secara umum. itu juga tujuan dari rumah gender dibentuk untuk memberikan edukasi dan membawa manfaat untuk orang lain, dalam melakukan pendampingan jika ada korban pelecehan seksual baik, itu mahasiswa, dosen, dan karyawan.”

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ushuluddin, Doktor Inayah Rohmaniyyah S. Ag., M.Hum, M.A dan Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Shofiyullah Muzammil, S.Ag, M.Ag, secara langsung membacakan pemenang juara I sampai juara III melalui Zoom Meeting. Video dan poster karya pemenang dapat dilihat pada akun resmi youtube Rumah Gender FUPI.

Adapun Juri dalam lomba Cipta Karya Video dan Poster dengan Tema “Anti kekerasan seksual”. Juri Video yaitu Idan Ramdani, M.A (Pegiat Jamaah Cinema Mahasiswa dan Suka TV), Dian Eka Permatasari, S. Da., MA (Dosen Komunikasi Penyiaran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Amar Alfikar (Ustadz Queer). Juri poster yaitu Badrianto (Mantan Jurnalis MNC Group, Humas Kementerian Desa), Dr. Witriani, M.Hum (Ketua PLT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Amar Zulfikar (Aktivis Queer Muslim)

Adapun pemenang kategori lomba video terbaik pilihan Juri, lomba video yaitu juara 1 oleh Moh. Saiful Haq (UIN Sunan Kalijaga), Juara 2 oleh Cahyaningrum Khasanah (Universitas Sains Al-Qur;an Wonosobo) dan Juara 3 oleh Nurul Bahrul Ulum (Cherbon Feminist). Pemenang Lomba Poster yaitu juara 1 oleh Abdullah (IAI Tribakti Kediri), Juara 2 oleh Fajar Tri Kusmanto (UIN Sunan Kalijaga) dan juara 3 oleh Fitra Sugi Ramadhan (IAI Tribakti Kediri).(IH)