Rapat Kedua untuk Persiapan USICON

Rabu, 31 Maret 2021 jam 13.00-15.30 WIB Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam melaksanakan rapat kedua menjelang USICON yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli. Ini adalah kali ke-5 USICON dilaksanakan akan tetapi pada pelaksanaan kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini acara dilaksakan secara daring via zoom meeting mengingat covid-19 belum juga mereda.

Rapat kali ini dihadiri oleh Wakil Dekan III selaku penanggungjawab acara dan Dzikri selaku ketua USICON tahun lalu. Tak hanya itu, Wakil Dekan II dan tendik juga ikut bergabung dalam rapat. Tak luput CPNS 2021 yang digerakkan untuk mengawal acara tersebut juga berpartisipasi dalam rapat. Rapat yang juga dihadiri oleh ketua prodi masing-masing jurusan di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga ini membahas beberapa hal utama terkait persiapan acara.

Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Shofiyullah Muzammil menyampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dirangkai mulai hari ini. “peran prodi sangat penting di dalam pelaksanaan acara USICON nanti oleh sebab itu saya undang ketua prodi untuk mewakili prodi. Selain itu, hal-hal teknis juga perlu diperhatikan seperti blasting media sosial karena acara dilaksakan secara daring tentu sosialisasi kegiatan juga bebasis media sosial. Termasuk teknis IT pada saat pelaksanaan juga harus diperhatikan. Tak hanya itu, ia juga memberikan masukan agar kesalahan-kesalahan yang terjadi pada USICON tahun lalu bisa dihindari. Perlunya perbaikan tiap tahun akan meningkatkan kualitas acara USICON.”

Selain beberapa pernyataan dan masukan, Shofiyullah juga mengharapkan USICON tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak menjadikan bencana covid-19 sebagai kendala yang berarti. Selanjutnya, beberapa rumusan juga telah disepakati bersama. Misalnya, susunan kepanitiaan. CPNS Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam semua dilibatkan sebagai panitia USICON termasuk beberapa dosen juga ditunjuk menjadi panitia acara.

Selanjutnya, terkait penentuan keynote speaker. Keynote speaker akan didatangkan dari luar negeri atau luar UIN Sunan Kalijaga mengingat USICON adalah agenda tahunan yang tidak hanya berbasis nasional tetapi juga internasional. Partisipasi peserta USICON agaknya juga penting bahkan bisa menjadi kunci dalam acara. Pembahasan tentang penentuan peserta dari luar dan internal juga sudah disepakati serta narasumber internal kampus (dosen) yang akan mengisi. Dalam hal ini, setiap prodi harus menyumbangkan invite speaker. Beberapa nama yang diajukan juga sudah disepakati.

Selain keynote speaker, rapat tersebut juga juga membahas tentang anggaran atau RAB yang dibutuhkan selama acara. Dengan adanya acara besar berbasis IT maka banyak dana yang akan dialokasikan pada lancarnya program IT yang digunakan dalam acara agar kendala seperti sinyal, gambar kurang jelas, suara kurang dapat di dengar dan lain sebagainya dapat dihindari. Rapat selanjutnya akan dilaksanakan kurang lebih dua minggu hingga satu bulan setelah rapat kali ini dilaksanakan.