36 Alumni Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Lulus Seleksi CPNS 2019

30 Oktober 2020 merupakan hari yang bahagia di mana hasil akhir seleksi CPNS tahuj 2020 diumumkan. Setelah serangkaian test dilakukan oleh BKN. Jadwal seleksi dilakukan sejak Juli 2020 dengan test Seleksi Kemampuan Dasar atau SKD dilakukan. Test ini menentukan langkah berikutnya dalam penentuan kelulusan.

Bagi yang lulus dapat memasuki test lanjutan. Langkah berikutnya dalam test yaitu SKB atau Seleksi Kemampuan Bidang yang dilakukan dengan protokoler Covid-19. Pelaksanaannya mulai 2 September sampai 10 Oktober dengan daring.
Test lanjutan tersebut adalah wawancara, praktek kerja, dan psikotest. Selain itu juga dinilai kemampuan bahasa Asing peserta.

Hasil seleksi menunjukkan bahwa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi salah satu Fakultas yang menyumbang alumninya. 36 di antara CPNS yang dinyatakan lulus seleksi adalah alumni dari Prodi Sarjana dan Magister di dalamnya. Atas prestasi ini, Dr. Inayah Rahmaniyah, S.Ag. MA. M.Hum mengucapkan rasa syukurnya. Alumni fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogakarta mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam kontestasi nasional yang persaiagannya sangat ketat.

Berdasarkan data yang masuk, alumni Ushuluddin dan Pemikiran Islam diterima di pelbagai intansi PTKIN dan sebagai guru di madrasah. PT dimaksud antara lain di IAIN Kudus, IAIN Pontoanak, IAIN Batusangkar, IAIN Langsa, IAIN Pontianak, IAIN Metro Lampung, IAIN Kediri, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan dalm formasi guru antara lain di Kanwil Sulsel dan Yogyakarta.

Atas hal di atas, Dr. KH. Shofiyullah MZ, M.Ag. selaku dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama yang menangani tracer study menghimbau agar alumni yang diterima segera memberitahu fakultas untuk pendataan alumni. Data tersebut lebih lanjut dikemukakan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag. M.Ag. merupakan data penting dalam akreditasi prodi dan dapat meninglatkan hasil menuju akreditasi unggul. Atas dasar inilah, seluruh pimpinan fakultas mengucapkan banyak terimakasih atas kontribusi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (MAS).