Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam adakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Dosen

Magelang, 1-3 November 2020, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam adakan serangkaian kegiatan peningkatan kompetensi dosen. Hal tersebut menjadi bagian terpenting dalam pemberlajaran daring era Covid-19. Di mana pembelajaran dilakukan secara daring. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Atria Magelang dengan protokoler Covid-19. Sehingga seluruh pelaksanaan harus menggubakan masker, cuci tangan dan memakai hand sanitizer termasuk dalam pemberian snack dan makan semuanya dilayani petus hotel dan tidak menggunakan pola prasmanan pengambilannya.

Pembelajaran daring membutuhkan kreativitas bagi dosen. Hal tersebut disampaikan Muhammad Alfatih Suryadilaga selaku Ketua Panitia dan sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik. Lebih lanjut, melalui pelatihan ini seluruh kaprodi dan sekprodi yang hadir secara luring di hotel atau dosen lain yang ikut secara daring melalui zoom dapat memiliki video yang dapat di share ke mahasiswa dan sekaligus sebagai media pembelajaran.

Kegiatan di atas dilakukan selama tiga hari dan dua malam dengan menghadirkan nara sumber kompeten. Mereka itu antara lain Roni Ismail dan Ali Imron sebagai dosen fakultas yang memiliki kemampuan dalam proses pembuatan video lewat beragam aplikasi. Keduanya menjelaskan aplikasi yang biasa digunakan dalam editing video yakni Kinemaster, AZ Screen Video dan bandicam. Selain kedua narsuk di atas juga materu diberikan oleh Maharani Bilqis dari Seamolex sebuah lembaga yang konsen dalam pembuatan konten pembelajaran. Beliau seharian menjelaskan materi dan praktek. Materi yang disampaikan adalah infografis, dan e-modul yang keduanya berbasis Canva. Selain itu juga diajarkan membuat explee. (MAS)