Pembukaan Sosialisasi Pembelajaran Bagi Mahasiwa Baru Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Sleman 2 Oktober 2020 bertempat di ruang sidang lantai dua Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga didakan pembukaan sosialisasi pembelajaran bagi mahasiswa baru. Hadir dalam pembukaan tersebut secara luring panitia baik dari dekanat maupun tendik serta fasilitator kelas dan pendampingnya. Sedangkan seluruh peserta dengan menggunakan zoom meeting yang berjumlah 600 orang.

Kegiatan pembukaan diawali oleh sambutan wakil dekan akademik selaku ketua panitia. Sospem ini melibatkan 16 kelas dengan 33 fasilitator dan 16 pendamping kelas dari tendik. Kegiatan sospem merupakan kewajiban bagi mahasiswa baru dan menjadi syarat munaqasyah. Hal tersebut menjadi penentu menuju kelulusan. Atas dasar inilah maka seluruh peserta harap melaksanakan dengan baik seluruh materi yang disampaikan fasilitator berikut tugas-tugasnya.

Selamat datang mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin. Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag. M.Hum MA. Lebih lanjut, Bu Dekan berpesan agar mahasiswa mampu menyelami dunia kampus dengan baik dan belajar sesuai dengan karakter mahasiswa bukan siswa SMA lagi. Atas dasar itu, Bu Dekan berpesan untuk selalu menjaga etika di manapun apalagi di era daring.

Selama dua hari mahasiswa menjalani Sospem sebelum perkuliahan. Harapan besar mahasuswa dapat memahami seluruh materi yang disampaikan baik dalam konteks universitas maupun fakultas dan prodi. Mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan nilai pujian dan dapat diterima bekerja sesuai bidangnya. Hal tersebut harus sudah mulai diimpikan dari sekarang dan jangan lupa dilaksanakan sesuai tahapan dalam perkuliahannya. Hal tersebut disampaikan oleh fasilitator di kelas. Bahkan mahasiswa juga dilatih untuk empati atas yang lain. (MAS)