Pembukaan PBAK Mahasiswa Baru Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Sleman, 30 September 2020, seluruh mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam mengikuti kegiatan awal sebelum perkuliahan. Kegiatan tersebut adalah Pengenalan Budaya Akademik Kampus atau PBAK. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari sampai tanggal 1 Oktober 2020. PBAK 2020 dilaksanakan secara daring seiring dengan wabah Corona-19.

Mereka yang terlibat kegiatan PBAK selain Fakultas juga universitas. Hal tersebut terkait materi yang disampaikan ke mahasiswa. Khusus kefakultasan disampaikan di hari kedua pelaksanaan PBAK. Dekan fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag. M.Si. mengucapkan selamat bergabung dengan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Mereka yang ikut PBAK sebanyak 597 orang dari seluruh Indonesia. Mahasiswa selayaknya berbangga karena pimpinan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berasal dari fakultas Ushuluddin.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan perkenalan dengan wakil dekan akademik dan kemahasiswaan serta Kepala Bagian Tata Usaha. Wakil Dekan bidang Akademik memaparkan visi, misi dan tujuan serta capaian akreditasi dan akademik fakultas baik dosen, tendik dan mahasiswa. Selain itu, Alfatih yang juga sebagai Ketua Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia menjelaskan seputar kode etik untuk mahasiswa. Dalam aturan tersebut terdapat kewajiban yang berkomnsekwensi sanksi baik ringan maupun sedang dan bahkan berat berupa pemecatan.

Dalam konteks di atas, wakil dekan Kemahasiswaan juga menjelaskan beragam capaian yang diperoleh bagi kemahiswaan serta beragam laboratorium dan dua di antaranya adalah baru dibentuk dan serah terima SK. Penjelasan dilanjutkan Drs. H. Ahmadi, MM. sebagai KTU dengan menyebutkan tiga bagian yang membantu kerja beliau. Selain itu, juga menjelaskan tentang surat menyurat yang sudah dilakukan dengan online serta fasilitas yang dimilili fakultas.

Penjelasan di atas adalah dalam rangka mempermudah mahasiswa dalam memasuki dunia kampus. Selain itu, mahasiswa mampu beradaptasi dan mampu menyelesaiakan studinya dengan baik dan tepat waktu. Akhirnya, kegiatan PBAK juga dapat mengantarkan menuju akreditasi baik ekaternal maupun internal. (MAS)