Masa KRS Mahasiswa Prodi-prodi di Lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Sleman, tanggal 3, 4 dan 7 September 2020 agenda tahunan mahasiswa dalam merencanakan belajar digelar di fakultas. Hal tersebut dalam kalender akademik adalah masa input KRS yang mahasiswa dapat memilih matakulian yang dilaksanakan selama semester Gasal 2020/2021. Sebanyak 2000 mahasiswa ikut dalam kegiatan ini.
Kegiatan KRS ini telah persiapkan dengan baik oleh prodi dan fakultas. Sebelumnya, pembagian dosen pengampu diusulkan lewat prodi melalui rapat dosen. Kaprodi dan sekprodi menentukan konsep pengampu matakuliah dan dirapatkan bersama dosen di tingkat prodi. Waktunya biasanya dilakukan sejak masa mid semester berjalan. Atas data tersebut, fakultas khusus bidang akademik melakukan rekap dan pembahasan di tingkat fakultas. Kajian komprehensif atas kompilasi pengampu matakuliah dilakukan dengan prinsip berimbang dan sesuai beban seorang dosen di dalalnya.
Kegiatan penyelarasan di atas dilanjutkan dengan membuat jadwal melalui Excel oleh Prodi dan proses input ke sistem dilakukan bagian akademik. Jadwal dalam sistem inilah yang dapat diakses mahasiswa untuk proses kegiatan pembelajaran. Selain itu, menurut Alfatih Wakil Dekan Bidang Akademik, jadwal ini berfungsi untuk sebagai jadwal ujian baik mid semester maupun ujian akhir semester. Lebih lanjut pria kelahiran Lamongan ini menjelaskan agar mahasiswa merencanakan studinya lewat KRS dengan baik dan benar serta konsultasi ke Dosen Pemnimbing Akademik (DPA).
Kegiatan KRS dan Konsultas DPA inu sangat penting bagi mahasiswa. Banyak kasus di tersebut terjadi akibatnya mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan cepat. Kejadian yang biasa terjadi mahasiswa juga tidak cermat belum mengambil matakuliah misalnya kurang satu matakuliah wajib yang belum diambil. Akibatnya, mereka tidak dapat menyelesakan studinya walaupun skripsinya sudah selesai dan wisudanya menjadi tertunda. Atas dasar tersebut Bagian Akademik Fakultas menghimbau agar mahasiswa aktif melakukan mengecek KHSnya dan konsultas serta membaca buku pedoman akademik yang ada. Kiat sukses tersebut akan dapat mengantarkan wisuda tepat waktu.
Kegiatan KRS mahasiswa dijadwal dengan mahasiswa lainnya agar dapat berjalan dengan baik. Waktu pengisian KRS tahun akademik 2020/2021 semester gasal dilakukan oleh mahasiswa Prodi dengan jadwal tertentu. Khusus prodi IAT dan AFI tanggal 3 September 2020. Selain itu, tanggal 4 September 2020 bagi prodi SA dan SAA. Terkhir, Prodi Ilmu Hadis pada tanggal 7 September 2020. Selamat menentukan masa depan untuk seluruh mahasiswa Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Sukses semua doa pimpinan fakultas baik dekan maupun wakil dekan serta dosen dan orang tua menyertai kesuksesan mahasiswa dalam merencanakan studi dan sekaligus pelaksanaan kuliah sampai ujian dan mendapatkan nilai kelulusan. (MAS)