Visi Misi dan Tujuan Aqidah dan Filsafat Islam

  1. Visi

Unggul dan Terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan Filsafat Islam, Ilmu Kalam dan Tasawwuf dengan Ilmu-ilmu Sosial-Humaniora.

  1. Misi
  1. Mengembangkan Pendidikan dan pengajaran dalam bidang Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf secara integratif dan interkonektif.
  2. Memperluas dan memperkaya kajian-kajian Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf melalui penelitian multidisipliner secara berkesinambungan.
  3. Menyebarluaskan dan menerapkan hasil-hasil kajian Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, memberikan kontribusi dalam memecahkan persoalan bangsa dan memperkaya kebudayaan nasional.
  4. Meningkatkan kerjasama Program Studi yang produktif dan inovatif dengan berbagai pihak dalam rangka pelaksanaan Tri-Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf

 

  1. Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana profesional yang menguasai bidang keilmuan Filsafat Agama dan mampu mendialogkannya dengan ilmu-ilmu lain dalam kerangka berpikir integrasi-interkonektisi ilmu.
  2. Menghasilkan tenaga peneliti yang mampu mengembangkan budaya ijtihad dalam bidang keilmuan Filsafat Agama, yakni bidang Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf.
  3. Menghasilkan ahli bidang keilmuan Filsafat Agama yang mengabdikan ilmu-ilmu Filsafat Agama demi kemaslahatan masyarakat, baik pada tingkat lokal, nasional maupun global
  4. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, khususnya dalam bidang Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf
  5. Menghasilkan disiplin Kajian dan Publikasi ilmiah di bidang Filsafat Islam, Kalam dan Tasawwuf serta dapat memberi pengetahun dan penyadaran terhadap masyarakat terkait bidang keilmuan tersebut.
  6. Menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia, dan kritis terhadap berbagai fenomena sosial serta memiliki kecakapan dan tanggung jawab sosial