Pembukaan Studium General Bagi Mahasiswa Baru Fak. Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Sleman, 12 Oktober 2020, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam adakan Studium General dengan mendatangkan Narsum utama Prof. Dr. Almakin, MA Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan virtual ini Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag. M.A, M.Hum, wakil dekan bidang Akademik Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag. M.Ag. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. KH. Shofiyullah MZ., M.Ag., Para Kaprodi dan Sekprodi serta dosen fakultas. Jumlah mahasiswa yang hadir sebanyak 500 mahasiswa baru baik S1 maupun mahasiswa S2.

Studium General mengusung tema yang mampu meningkatkan kualitas kesarjanaan mahasiswa baru. Hal tersebut disampaikan poleh Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S. Ag. M. Ag., dan sekaligus selaku ketua panitia. Beliau menyampaikan tujuan kuliah umum adalah memberikan pengantar kepada mahasiswa baru yang akan menjalankan kuliah 3.5 - 4 tahun. Gambaran umumnya yaitu sebagaimana mahasiswa baru ingin menjadi seperti apa kedepannya, jadi harus memasang target. Kemudian Pengantar juga untuk bagaimana mahasiswa baru berstrategi kuliah dengan baik sesuai target dan cita-citanya, dan yang paling terpenting itu adalah motivasi

Motivasi dilanjutkan oleh Dekan, Dr. Inayah Rohmaniyah,S.Ag., M.A. M.Hum, sekaligus membuka acara Stadium General. Beliau menyampaikan Rektor UIN Sunan Kalijaga adalah lulusan Ushuludin Jurusan TH Tafsir Hadis. Nanti kita akan mendengar, bagaimana pengalaman alumni kita sebagai rektor. Kita sebagai orang tua menyarankan kepada mahasiswa baru untuk BERMIMPILAH. Bila sekarang belum bermimpi, maka bermimpilah. Kalian mau jadi apa di masa depan maka kalian harus memikirkan dari sekarang, bila perlu tempellah mimpimu di tembok. Selanjutnya buatlah roadmap, sebuah peta jalan menuju mimpimu. Sedikit demi sedikit, mimpimu yang kamu rangkai dalam peta sedikit demi sedikit akan terwujud dan buatlah target.

Target ini lebih detail daripada roadmap yang termasuk umum, tetapi target ini termasuk target harian, misalnya bagaimana dalam sehari itu maba apa yang dapat diselesaikan, dalam seminggu berapa buku yang harus dibaca, begitu pula dalam sebulan, dalam semester harus mencapai target IPK bagus, hingga tersusun target dalam setahun. Bahkan tahun berapa kalian lulus pun harus ada targetnya.

Selain itu, Bu Dekan juga mengingatkan agar jangan bangga terhadap sesuatu yang aneh. Banggalah dg prestasimu. Tunjukkan something spesial from yourself. Hindari teman yang sesat, seperti kuliah hampir DO, karna dimasa yg akan datang kalian akan menyesali kesempatan yang hilang karenanya. Penyesalan memang datang di akhir. Jangan sampai kalian menyesal dan Mahasiswa ushuluddin adalah mahasiswa yang terpilih. (Yahdi, Elicia, MAS)