Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Rabu, 13 Desember 2017 04:52:26 WIB Dilihat : 32 kali

Senin, 11 Desember 2017, mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, melaksanakan pemilihan umum mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pemilwa. Pemilwa ini meliputi beberapa proses, mulai dari pembentukan KPU F, pendaftaran calon, kampanye, hingga acara puncak pemilihan secara langsung hari senin ini.

Dalam pemilwa kali ini hanya terdapat satu calon yang unjuk gigi di lingkungan fakultas ushuluddin. Mulai dari tingkat himpunan mahasiswa prodi (HMPS) hingga dewan eksekutif mahasiswa fakultas (DEMA F), calon yang tampil hanya berasal dari satu partai, yaitu Partai Rakyat Merdeka.

Ada yang cukup menarik dari pemilwa kali ini, yaitu diterapkannya sistem pemilwa E-Voting. Menurut ketua KPU F, Cevy Muhammad Fauzy, dalam pemilwa kali ini mahasiswa tidak lagi memilih dengan cara mencoblos seperti dulu. Dalam pemilwa kali ini mahasiswa diharuskan memilih dengan cara on line. “Dalam TPS, disediakan 7 komputer, 2 untuk verifikasi data mahasiswa, dan 4 digunakan untuk memilih. Meskipun sistem ini terbilang baru, alhamdulillah pemilwa kali ini bisa dibilang berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti,” pungkas mahasiswa Aqidan dan Filsafat Islam ini.

Dengan diberlakukannya sistem e-voting dalam pemilwa kali ini, Bu Inayah, selaku Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, berharap agar pemilwa bisa berlangsung adil dan transparan. “Diharapkan Pemilwa ini menjadi media pembelajaran berdemokrasi yang santun, transparan, dan adil, terutama dengan diperkenalkannya sistem e-voting.”

Berikut data hasil pemilwa berdasarkan perhitungan KPU F:

  1. Anton Wijaya, calon HMPS Aqidah dan Filsafat Islam memperoleh 103 suara
  2. Maskur Taftoyani, calon HMPS Studi Agama-Agama memperoleh 73 suara
  3. Riyaduz Shoikin, calon HMPS Ilmu al-Quran dan Tafsir memperoleh 149 suara
  4. Moh. Iqbal Ramadhan, calon HMPS Sosiologi Agama memperoleh 169 suara
  5. Agil Muhammad, calon HMPS Ilmu Hadis memperoleh 88 suara

Sementara untuk DEMA F masih belum pasti karena sistemnya dipilih melalui voting yang dilakukan oleh HMPS terpilih dan Sema F terpilih yang akan dilaksanakan kamis depan. (admin)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom