Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Kamis, 16 November 2017 12:40:18 WIB Dilihat : 77 kali

Yogyakarta- (12/11). HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam menyelenggarakan "Konferensi Mahasiswa Filsafat 2017" yang dilaksanakan di Pantai Kuwaru, Poncosari, Srandakan, Yogyakarta. Puluhan mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari angkatan 2017 sampai angkatan 2011 ikut hadir dalam acara tersebut.

Agenda "Konferensi mahasiswa filsafat" ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh HMPS Aqidah dan Filsafat Islam. Konferensi mahasiswa filsafat ini dibuka langsung oleh ketua HMPS Aqidah dan Filsafat Islam saudara Kholid Ubaidah. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa "konferensi mahasiswa filsafat ini merupakan pintu awal pengenalan terhadap mahasiswa filsafat pada dunia filsafat yang diinisiasi oleh HMPS AFI untuk ikut membantu program studi Aqidah dan Filsafat menjawab stigma negatif terhadap filsafat" Dimana dalam KMF juga ada acara gathering lintas angkatan mahasiswa filsafat se-UIN Sunan Kalijaga. Yang bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa baru (maba) dengan angkatan di atasnya yang sudah dulu masuk filsafat. Dalam KMF kali ini ada 3 materi yang disampaikan pemateri.

Materi pertama adalah relasi antara filsafat dan agama yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Arif, S.Fil.I., M.Ag. Materi yang kedua disampaikan Bapak Novian Widiadharma S.Fil., M.Hum, dengan tema Liberalitas Filsafat dan Irasionalitas manusia. Kemudian materi terakhir disampaikan oleh Bapak Dr. H. Muhammad Taufik S.Ag., M.Ag. dengan tema Sejarah Filsafat Islam dari Masa ke Masa. Acara ditutup dengan pembentukan nama angkatan sebagai identitas dan pemilihan koordinator angkatan dan KMF 2017 nama yang disepakati oleh angkatan mahasiswa filsafat 2017 adalah Satuan Mahasiswa Pencari Hakikat yang disingkat dengan (SAMPAH) "bukan sampah yang bernilai negatif namun sampah yang bernilai positif yang diperebutkan oleh banyak makhluk" dan menunjuk saudara Mohamad Hasyim Rahmadani Sebagai koordinator angkatan. (kholid)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom