Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Jumat, 10 November 2017 02:10:56 WIB Dilihat : 57 kali

Tanggal 2 November 2017, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, menggelar kuliah umum dengan tajuk, “Filsafat ilmu, dialektika, dan logika”. Kuliah umum tersebut diselenggarakan di Smart Room Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga dan dihadiri olehu sekitar 70an mahasiswa.

Menurut Dr. Robby H Abror, M. Hum, kuliah umum ini merupakan agenda rutin semsesteran di lingkungan prodi AFI. Pria yang saat ini menjabat sebagai ketua prodi AFI ini mengatakan bahwa kuliah umum ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa kembali segar dialektikanya, terutama dalam kajian filsafat.

Kuliah umum yang berlangsung dari pukul 08.00-12.00 ini menghadirkan dua orang pembicara, yaitu Drs. Muzairi, MA dan Ki H. Ashad Kusuma Djaya dan dimoderatori langsung oleh Dr. Robby H Abror, M. Hum. Dalam acara tersebut Drs. Muzairi, MA mengatakan, “Gaya filsafat ilmu khas Indonesia itu sangat kental dengan tradisi mistikologi”. Sedangkan Ki Ashad Kusuma Djaya, mengatakan bahwa jika Tan Malaka dengan madilognya menyatakan kritik atas logika mistika, maka post-madilog yang saya canangkan ini adalah upaya agar logika-logika mistik itu bisa diterima di era kekinian sebagai bagian dari ilmu yang khas Indonesia. Jika madilog Tan Malaka sekedar menawarkan alat tinjau pengetahuan, maka post-madilog menyajikan cara berfikir Indonesia dan membangun epistemologi khas kita. (admin)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom