Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Rabu, 11 November 2015 15:21:50 WIB Dilihat : 1644 kali

Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum KKNI

Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam pada Hari Rabu, 11 November 2015 menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Acara ini adalah bagian dari rangkaian persiapan implementasi KKNI di seluruh fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. KKNI merupakan kurikulum yang memiliki kerangka penjenjangan kualitas kompotensi yang dapat menyandingkan, menyertakan, serta mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam memberikan pengakuan kompetensi sesuai dengan struktur pekerjaan sektor, yang dalam hal ini adalah Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI).

Hadir sebagai nara sumber sekaligus fasilitator adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag, KKNI adalah kurikulum yang diatur dalam peraturan Presiden No. 08 Tahun 2012, dan oleh senat universitas telah disepakati sebagai pengganti dari kurikulum sebelumnya. Menurut beliau peningkatan kualifikasi perguruan tinggi ke tingkat internasional sekarang ini menjadi tuntutan yang tidak terelakkan, karenanya penting bagi Jurusan dan Program Studi di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, termasuk di dalamnya Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI) untuk segera menyiapkan penerapan dan implementasi kurikulum KKNi ini, sehingga akan semakin memudahkan visi world class university ataupun sebagai persiapan menuju perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH).

Sementara itu pada sessi kedua, Prof. Dr. Barmawy Munthe, MA memimpin para peserta (ketua/sekretaris jurusan, dosen tetap, dosen Luar Biasa, serta alumni masing-masing Jurusan) melakukan simulasi menyusun kurikulum berbasis KKNI. Langkah pertama simulasi adalah membuat atau merevisi profil Jurusan, kemudian dilakukan penyusunan learning outcome, hasil kajian terhadap learning outcome itulah yang nanti digunakan dalam revisi mata kuliah. Learning outcome juga dapat dilakukan dengan bertanya kepada steakholder dan pengguna lulusan, apa yang diinginkan dengan profil suatu Jurusan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah penyusunan desain kompetensi, karena kompetensi menjadi ciri khas dari kurikulum berbasis KKNI yang nantinya diwujudkan dalam bentuk surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). (SKD, dari berbagai sumber)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom