Launcing Pusat Inovasi dan Bisnis (PIB) dan Laboratoriun Islam Virtual (LIV) dan Webinar Nasional“Interdisiplin Keilmuan dan Masa Depan Paradigma Pemikiran Islam di PTKIN” Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Sleman, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam telah sukses meresmikan Pusat Inovasi dan Bisnis (PIB) dan Laboratoriun Islam Virtual (LIV), bersamaan dengan kegiatan Webinar Nasional yang bertema “Interdisiplin Keilmuan dan Masa Depan Paradigma Pemikiran Islam di PTKIN” pada hari Jum’at, 30 Oktober 2020. Webinar nasional ini menghadirkan narasumber-narasumber hebat, meliputi: Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A (Tenaga Ahli Utama Kantor Staff Presiden RI 2019-Sekarang dan Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof.Dr. Iswandi Syahputra (Wakil Rektor I-Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag (Influencer Bidang Filsafat dan Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Dalam sambutan dan pembukaan oleh Dekan, Dr. Inayah Rohmaniyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh narasumber dan panitia, yang telah mampu merespon perkembangan dari budaya populer dalam webinar hari ini. Beliau menyatakan bahwa saat ini sudah saatnya tidak hanya fokus kepada masalah sosial-masyarakat saja, tetapi juga pada perkembangan media-media populer. Harapanya, Fakultas Ushuluddin yang saat ini tidak hanya dikenal melahirkan pemikir-akademisi, tetapi juga mampu melahirkan para ahli dalam dunia bisnis-usaha dan pegiat media popular. Prof. Dr. Phil. Almakin dalam sambutannya menyampaikan rasa antusias atas terselenggarannya kegiatan pada siang hari ini. Sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga, beliau menyampaikan selamat datang kepada seluruh narasumber dan peserta. Dan berharap, webinar ini memberikan manfaat dan kontribusi atas diskusi permasalahan interdisipliner dan paradigma PTKIN ke depan.

Dalam pemaparan keynote speech Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdani selaku Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, mengungkapkan rasa bahagianya karena hari ini bisa bertemu dengan keluarga Fakultas Ushuluddin dan Pemikikiran Islam UIN Sunan Kalijaga. Sebuah fakultas yang menjadi pilar pendidikan disetiap perguruan tinggi Islam. Beliau menekankan bahwa hal yang kosong saat ini adalah pusat studi masa depan, kita terlalu gembira atas masa lalu, sedangkan kesuksesan akan nampak ketika mampu menatap masa depan. Sebagai sebuah pusat studi jika ingin sukses, ia harus mampu bermitra dengan pusat studi lain. Dan, hal ini menjadi tantangan bagi Fakultas Ushuluddin dan Pemikikiran untuk selalu berdialog dengan kemajuan zaman dan bekerjasama dengan berbagai mitra.

Selama proses webinar, para narasumber menjelaskan dengan rinci terkait topik interdisipliner di PTKIN. Serta memberikan gambaran terkait paradigma pendidikan di PTKIN di masa mendatang. Peserta sangat antusias dan tertarik dengan kegiatan webinar, hal ini tampak dari antusiasme dan jumlah kehadiran peserta. Sebagai moderator Dr. Adib Sofia, M.Hum menyampaikan jumlah peserta kegiatan hari ini mecapai lebih dari 250 partisipan, beliau juga mengapresiasi para narasumber yang telah memberikan penjelasan atas topik hari ini dengan sangat komperhensif.